fbpx

5 Perlengkapan Bayi Naik Gunung yang Harus Disiapkan

Alam raya merupakan media belajar terbaik untuk anak. Mengenalkan anak dengan alam sejak dini merupakan tindakan yang bijak. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, bisa dengan mengajaknya bermain di taman, di pantai atau bahkan naik gunung.

Jika memilih opsi terakhir, sebaiknya lakukan persiapan dengan matang. Pastikan membawa semua perlengkapan bayi naik gunung yang sesuai. Apa saja yang dibutuhkan,berikut daftarnya.

Carrier khusus untuk mengendong bayi

Perlengkapan bayi naik gunung pertama yang tak boleh dilupakan adalah carrier bayi. Awalnya carrier ini memang sulit dicari Indonesia, namun kini sudah cukup mudah ditemukan di toko online maupun offline. Sepintas carrier bayi  tak jauh beda dengan tas carrier yang biasa digunakan para pendaki gunung.

5 Perlengkapan Bayi Naik Gunung yang Harus Disiapkan

Namun jika diperhatikan, terdapat ruang khusus untuk menggendong bayi pada bagian tengah. Carrier semacam ini dilengkapi tali pengaman tebal dan terbuat dari bahan yang sudah disesuaikan dengan standar Internasional. Jadi para orang tua tak perlu khawatir.

Safety Helmet

Setiap gunung mempunyai karakteristik trek yang berbeda. Ada yang memiliki trek berbatu,berpasir ataupun tanah berlumpur yang licin. Keamanan tetaplah hal utama dalam sebuah pendakian, apalagi jika membawa buah hati.

Salah satu perlengkapan pendakian yang wajib dibawa untuk menjaga keamanan adalah safety helmet. Fungsinya untuk melindungi dari benturan dan bahaya tertimpa benda keras, helm tersebut juga akan melindungi kepala dari paparan sinar matahari.

Sleeping bag

Bagi Anda yang berencana mendaki dan berkemah bersama si kecil, ada baiknya membawa sleeping bag alias kantung tidur. Sleeping bag akan memberikan kenyamanan ketika tidur. Apalagi jika permukaan tempat berkemah berbatu. Pilihlah sleeping bag dengan bahan bulu angsa, agar terasa empuk dan hangat ketika dipakai malam hari.

Jaket

Perlengkapan bayi naik gunung satu ini tak kalah penting. Jaket akan melindungi Anda dan si kecil dari udara dingin.

Di ketinggian, angin kerap kali berhembus dengan cukup kencang, hingga berpotensi membuat tubuh merasa tak nyaman. Apalagi untuk bayi yang masih dalam proses perkembangan. Jika perlu, gunakan jaket berlapis agar tubuh bayi Anda hangat

Mainan

Pada dasarnya anak sangat senang bermain. Membawa mainan kesayangan anak bisa menjadi senjata ampuh untuk mengusir kebosanan. Tak dapat dipungkiri perjalanan menuju puncak kerap memakan waktu cukup lama. Hal ini berpotensi membuat mood anak tak stabil,yang kemudian bersikap rewel.

Itulah beberapa perlengkapan bayi naik gunung yang harus disiapkan. Lakukan persiapan yang matang dan jangan lupa menjelaskan gambaran tentang pendakian kepada anak. Agar perjalanan lancar dan menyenangkan.

Sumber gambar header: lucieslist.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *