fbpx
danau kaco di kerinci

Pesona Kilau Danau Kaco di Kerinci

Danau Kaco Kerinci merupakan salah satu danau yang terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat atau TNKS. Berlokasi tepatnya di Dusun Baru Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi. Danau kaco seperti halnya situs yang terdapat di dalam kawasan TNKS, kemudian digolongkan sebagai salah satu situs warisan UNESCO dan telah diakui dunia.

Danau Kaco menyimpan keindahan dan eksotisme tersendiri yang tidak bisa anda ditemui pada danau – danau umum lainnya. Bahkan legenda dan misteri yang berkembang dalam masyarakat Baru Lempur Kerinci tentang Danau Kaco sangat dihormati sebagai warisan kepercayaan dan kebudayaan.

Keunikan Danau Kaco Nan Eksotis

Danau Kaco Kerinci memiliki luas kurang lebih hingga 90 meter persegi dengan kedalaman air danau yang belum diketahui karena belum diobservasi. Kondisi alami Danau Kaco adalah sebuah kubangan danau dengan perairan biru terang yang terletak di tengah – tengah hutan Baru Lempur.

danau kaco kerinci
Air terjun danau kaco saluang baisik

Terdapat sebuah aliran air terjun kecil yang berasal dari bukit – bukit yang mengapit di sekitar danau. Pemandangan khas ketika anda memasuki area Danau Kaco adalah beberapa onggok kayu besar yang melintang pada pinggiran danau. Kayu tersebut sudah menjadi pembatas alami danau bahkan sebelum Danau Kaco menjadi sebuah objek wisata.

 

Terdapat beberapa viewing spot selain dari area masuk utama seperti pada bukit – bukit kecil di sekitar danau. Keunikan danau Kaco Kerinci yang sangat khas dan tidak dapat anda temui pada danau umum lainnya adalah perairannya yang biru terang dan sangat tenang.

Baca juga: 20 Tempata Wisata Populer di Kerinci yang Paling Mengesankan

Perairan danau Kaco juga memancarkan cahaya yang terang di malam hari. Bahkan dapat menjadi lebih terang ketika malam – malam bulan purnama dan malam tanggal 15 Hijriah. Misteri perairan yang terang pada kondisi malam hari ini belum diketahui sebab biologisnya karena belum diobservasi.

Pesona perairan yang eksotis dan berkilau di malam hari ini kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung atau pendaki. Sehingga tidak jarang area di sekitar danau kemudian menjadi lokasi camping demi menyaksikan eksotisme perairan danau Kaco yang memukau pada malam hari.

Pada malam bulan purnama intensitas cahaya pada perairan Danau Kaco meningkat hingga titik maksimalnya. Sehingga anda tidak memerlukan penerangan ketika berada di area danau pada malam purnama. Dari kejauhan sekalipun, cahaya yang terpantul dari danau Kaco pada malam purnama ibaratkan seperti lampu yang menengadah ke langit.

Saat ini kedalaman Danau Kaco masih belum dapat teridentifikasi secara resmi. Sehingga dihimbau untuk para pengunjung untuk  berhati – hati dan menikmati perairan danau dari tepian saja. Karena perairan danau merupakan perairan tawar dan tenang dengan temperatur rendah maka akan lebih memungkinkan seseorang dapat tenggelam pada kedalaman danau.

Dari cerita yang berkembang sudah banyak upaya dilakukan untuk mengukur kedalaman danau. Namun para observasi selalu gagal menyentuh dasar danau karena tabung oksigen yang digunakan selalu habis sebelum sampai di dasar danau.

danau kaco di kerinci

Yang perlu diperhatikan selama berkunjung di danau Kaco adalah untuk selalu memperhatikan imbauan dari penjaga dan mengindahkan papan peringatan yang terdapat di sekitar danau. Jangan lupa juga demi melestarikan warisan alam Kerinci tetap asri, maka jangan membuang sampah sembarangan di area danau bahkan membuang sampah ke dalam danau. Kumpulkan sampah yang anda hasilkan ke dalam sebuah kantong plastik terlebih dahulu sebelum membuangnya ke tempat sampah yang dapat anda temukan pada area masuk danau Kaco.

Legenda yang Tumbuh di Danau Kaco

Dari cerita dan legenda yang berkembang di masyarakat Baru Lempur Kerinci. Kilau danau Kaco berasal dari gemerlap intan yang ditenggelamkan kedalam danau kaco. Terdapat beberapa versi cerita seperti Intan – intan yang ditenggelamkan berasal dari titipan para pemuda yang hendak melamar seorang putri cantik jelita. Ia adalah putri dari seorang raja yang dikenal dengan nama Raja Gagak.

Putri yang cantik jelita tersebut bernama Napal Melintang. Dimana pesona kecantikannya bahkan memikat hati sang ayah sendiri. Raja Gagak yang tamak dan serakah mengikuti keegoisannya membawa lari putri Napal Melintang lalu membuang semua intan pemberian para pemuda ke dalam dasar danau. Intan – intan yang tenggelam hingga ke dasar danau tersebut kemudian membuat perairan danau Kaco menjadi begitu berkilauan di malam hari.

Versi lain dari legenda dan cerita yang berkembang di masyarakat bahkan mengisahkan sang putri Napal Melintang yang dibuang ke dalam danau. Ketamakan Raja Gagak kemudian membuat ia membuat syarat kepada siapapun yang ingin meminang putrinya untuk menyerahkan semua harta berupa emas dan intan.

Keserakahan dan ketamakan Raja Gagak juga membuat putrinya sendiri ternoda hingga ia dibuang dan ditenggelamkan ke dalam danau beserta semu harta diperoleh dari para pemuda yang meminang. Dipercayai bahwa semua perhiasan dan kesedihan putri Napal Melintang lah yang membuat Danau Kaco Kerinci berkilauan setiap malam bulan purnama.

Akses dan Akomodasi Menuju Danau Kaco

Karena kota Jambi kaya akan situs dan objek wisata terkemuka di pulau Sumatera. Wajar apabila akses dan akomodasi yang tersedia saat ini sudah sangat memudahkan setiap wisatawan untuk menikmati objek wisata yang ada. Akses menuju salah satu objek wisata di Jambi yakni danau Kaco yang terletak di Baru Lempur Kerinci tergolong sudah sangat memadai dengan medan yang tidak terlalu sulit untuk mencapai lokasi danau. Tidak heran jika danau Kaco seringkali cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Danau dengan perairan mutiara biru ini terletak di tengah rerimbunan pohon dan bukit kecil di dalam hutan Baru Lempur Kerinci. Pengunjung dapat berjalan menuju area danau dengan bantuan pemandu maupun tracking sendiri karena aksesnya sekarang sudah relatif mudah. Dari pusat kota Jambi lokasi danau Kaco tergolong cukup jauh karena sudah masuk ke dalam area Taman Nasional Kerinci Seblat. Sedangkan area Taman Nasional Kerinci Seblat sendiri merupakan area terpisah dari kota dan tergolong sangatlah luas untuk dijelajahi.

Dari pusat kota Jambi dibutuhkan perjalanan ke arah Sungai Penuh yang berjarak sekitar 500 kilometer. Perjalanan dapat ditempuh dengan waktu 1 hingga 2 jam hingga sampai ke Desa Baru Lempur. Setelah mencapai Baru Lempur Kerinci anda harus sudah mempersiapkan bekal dan keperluan untuk trekking atau hiking ringan karena perjalanan menuju danau Kaco dapat memakan waktu hingga 4 jam. Anda akan menyusuri area masuk Taman Nasional Kerinci Seblat dan hutan rindang yang masih sangat alami untuk mencapai area danau Kaco.

Meskipun perjalanan tergolong jauh dan nampak melelahkan, namun anda tidak perlu khawatir karena perjalanan anda akan terbayar dengan keindahan danau Kaco. Mayoritas pengunjung berdatangan untuk melakukan camping di area sekitar danau sehingga dapat menikmati eksotisme danau Kaco di malam hari. Pengunjung dan keramaian puncak pada umumnya terjadi pada malam – malam bulan purnama dan tanggal 15 Hijriah.

Apabila anda tidak berencana untuk camping di area danau maka rencanakan perjalanan yang lebih awal atau lebih pagi. Sehingga anda dapat pulang dan pergi menyusuri area hutan Taman Nasional pada saat hari masih terang. Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan dan tidak membuang sampah sembarangan di dalam hutan yang dilindungi. Sebagai tracker yang baik pengunjung harus mengumpulkan sampah mereka dalam kantong plastik sebelum dibuang ke tempat sampah yang tersedia pada area masuk menuju danau Kaco.

Bagi anda yang tertarik menikmati eksotisme danau Kaco maka anda dapat menambahkan destinasi danau Kaco ke dalam paket liburan anda di Kerinci. Paket wisata di daerah Kerinci pada umumnya menawarkan banyak destinasi menarik dengan penawaran yang variatif. Paket wisata serta program tour wisata di Taman Nasional Kerinci tentu saja akan memberikan pengalaman menjelajah Kerinci dengan lebih baik serta keamanan yang lebih terjamin. Program tour Kerinci memiliki harga bervariatif sesuai akomodasi dan fasilitas yang diberikan.

Fasilitas dan Penginapan di Kerinci

Bagi anda yang melakukan perjalanan sendiri atau pribadi untuk menjelajah danau Kaco dan Taman Kerinci juga tidak perlu khawatir. Karena sudah tersedia banyak fasilitas dan akomodasi di sekitar Taman Nasional Kerinci Seblat untuk memudahkan perjalanan anda.

Fasilitas terdekat yang bisa anda temui seperti perhotelan, villa, homestay, rumah makan bahkan toko oleh – oleh dapat anda temui dengan mudah. Salah satu akomodasi yang cukup disarankan adalah hotel untuk anda beristirahat terutama bagi para pengunjung yang datang dari tempat jauh. Fasilitas perhotelan dapat anda manfaatkan apabila anda berencana menikmati Taman Nasional Kerinci dengan menyeluruh.

Objek wisata dan destinasi yang cukup banyak di Taman Nasional Kerinci seperti salah satunya danau Kaco, keseluruhannya dapat anda nikmati namun tidak akan cukup jika anda hanya menyisihkan waktu satu hari saja. Sehingga kadang perlu untuk anda menginap.

Rekomendasi Penginapan di Kerinci

Salah satu penginapan yang cukup disarankan untuk mengakses Taman Nasional Kerinci dengan lebih baik adalah Family Homestay & Resort Kayu Aro. Penginapan Kayu Aro sendiri terletak di Lindung Jaya M-10 Kersik Tuo Kayu Aro, Kerinci, Jambi. Anda dapat melacak lokasi penginapan ini melalui maps cukup dengan menuliskan ‘Family Homestay & Resort Kayu Aro’.

Family Homestay Kayu Aro merupakan salah satu penginapan dengan rating baik yang tersedia di area terdekat menuju Taman Nasional Kerinci Seblat. Fasilitas yang tersedia di dalamnya juga cukup lengkap dengan harga yang sesuai dan relatif terjangkau. Setiap kelas kamar bahkan ekonomi sekalipun sudah dilengkapi dengan water heater sehingga pengunjung dapat menikmati mandi dengan air hangat di area Kerinci yang tergolong memiliki suhu dingin. Selain penginapan yang memadai Homestay Kayu Aro juga menyediakan restoran untuk pengunjung.

Suasana alami di homestay Kayu Aro serta desain hotel dan kamar yang rapi sarat dengan kesan tradisional Jambi. Di samping fasilitas kamar dan resto yang dimilikinya, Family Homestay  merupakan salah satu homestay di area Kerinci dengan view point atau pemandangan terbaik ke arah kota dan pegunungan Kerinci yang eksotis. Dengan beristirahat di Family Homestay Kayu Aro anda dapat dengan mudah mengakses lokasi danau Kaco Kerinci.

Rujukan: Wikipedia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *