fbpx

Hal yang Tak Boleh Dilupakan Saat Naik Gunung

Naik gunung merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Pesona keindahan alam serta kesegaran udara sekitar akan membuat segar pikiran Anda.

Namun di balik kesenangan yang akan diperoleh ada resiko yang menyertai ketika berkegiatan di alam bebas. Nah untuk meminimalisir resiko yang dapat terjadi, berikut tips naik gunung yang perlu diperhatikan.

Cari informasi seputar gunung yang hendak didaki.

Tips naik gunung pertama yang harus diperhatikan adalah mencari informasi seputar gunung yang hendak didaki.

Cari informasi selengkap mungkin mulai dari jalur pendakian, pos pendakian, sumber mata air, syarat dan perijinan pendakian, lokasi berkemah, aturan dalam pendakian,mitos dan segala sesuatu informasi terkait gunung yang menjadi tujuan Anda. Semakin detail akan semakin baik.

Membuat alur perjalanan yang matang

Setelah mendapatkan informasi tentang gunung yang akan didaki selanjutnya buatlah rencana alur perjalanan yang matang. Tulislah secara rinci mulai dari nama gunung, waktu pendakian, jumlah peserta pendakian, anggaran keuangan, chek kesehatan, alur publikasi, jalur evakuasi kesehatan,  perencanaan pendakian dari persiapan, keberangkatan sampai pulang dengan rinci dan detail.

Perencanaan yang matang akan memudahkan Anda membuat keputusan dalam keadaan yang genting. Selain itu akan meminimalisir resiko kecelakaan ketika persiapan sudah sangat matang.

Membuat List Perlengkapan

Setelah alur perjalanan sudah matang, tips naik gunung selanjutnya adalah membuat list perlengkapan. Buat daftar list kebutuhan perlengkapan pendakian yang safety untuk pribadi dan kelompok.

Usahakan lakukan simulasi penggunaan perlengkapan yang akan digunakan siapa tahu salah seorang dari rekan Anda tak bisa menggunakannya dan jangan lupa cek kelayakan alat.

Bisa dibayangkan betapa repotnya ketika tenda yang Anda bawa ternyata ada bagian yang robek dan saat itu hujan turun. Agar tak terjadi hal yang tak diinginkan sebaiknya teliti semua list perlengkapan pendakian Anda.

Manajemen bekal pendakian

Lakukan manajemen perbekalan yang matang. Hitung kebutuhan makan tiap orang dalam tim kemudian kalikan berapa lama pendakian yang akan dilakukan. Ini sangat bermanfaat agar perbekalan yang anda bawa cukup (tidak berlebihan atau kurang).

Usahakan bekal yang dibawa memenuhi kebutuhan gizi Anda beserta tim. Karena berkegiatan di alam bebas membutuhkan stamina yang oke maka dibutuhkan asupan gizi yang sepadan. Membuat rencana menu saat pendakian juga akan memudahkan Anda.

Nah itulah 4 tips naik gunung yang bisa Anda lakukan. Sudah menentukan gunung mana yang hendak didaki? Selamat berpetualang.

Sumber gambar header: Mongabay.co.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *