fbpx

Inilah Pentingnya Melakukan Persiapan Hiking, Khususnya Bagi Pemula

Hiking menjadi salah satu olahraga, hobi, dan sekaligus gaya hidup populer. Banyak orang dari berbagai usia yang menyukai hiking. Karena banyaknya tantangan di sepanjang perjalanan, aktivitas ini memerlukan persiapan matang.

Persiapan hiking antara lain; persiapan kondisi fisik, perlengkapan mendaki, sepatu  hiking, perbekalan makan dan obat darurat, dan pastinya teman-teman yang akan berangkat bersama.

Bagi para pendaki pemula, perjalanan yang ditempuh akan jadi pengalaman baru yang berkesan. Karena itu, sudah semestinya melakukan persiapan yang matang.

Mengapa Penting Melakukan Persiapan Hiking?

Tidak sedikit orang yang karena memang tertarik dan penasaran untuk hiking, lalu langsung ikut berangkat saja tanpa persiapan matang.

Barangkali Anda bisa memahami bahwa hiking tanpa persiapan matang itu akan membahayakan diri maupun orang lain.

Kadang ada yang menyepelekan bekal, khususnya bekal mental dan pengetahuan. Akibatnya, di tengah jalan terjadilah sesuatu yang tidak diinginkan.

Sebut saja misalnya pendaki yang tersesat, jatuh, pingsan, sakit, kedinginan, bahkan hipotermia.

Persiapan Bagi Para Pemula 

Dengan persiapan hiking, maka tidak perlu lagi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apa saja persiapan hiking bagi para pemula? Sebelumnya, cari informasi yang lengkap tentang medan pegunungan yang akan ditempuh.

Pahami sebaik mungkin mulai dari bagaimana aksesnya, perizinan, adab lingkungan, kondisi terkini, status kawasannya, cuacanya, serta aturan yang berlaku di sana.

Informasi ini bisa diperoleh dari banyak sumber, seperti internet dan tentu orang-orang yang pernah ke sana.

Selain persiapan fisik, ada juga beberapa hal lain yang dipersiapkan misalnya perlengkapan untuk mendaki; jaket. ransel, sepatu.

Dari begitu banyak perlengkapan hiking, salah satu yang krusial adalah sepatu hiking yang paling pas dan tidak bikin lecet di kaki.

Disarankan juga agar merencanakan keberangkatan jauh-jauh hari, agar masih punya waktu untuk tingkatkan stamina. Bisa lakukan olahraga pagi.

Tapi kalau ternyata sudah persiapan hiking beberapa hari, dan H-2 sebelum mendaki tubuh merasa tidak fit, lebih baik istirahat dulu.

Sumber gambar header: Pixabay.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *