fbpx

Liburan Ke Gunung Kerinci dari Jakarta, Jauhkah?

Gunung Kerinci Jambi menyandang predikat puncak gunung tertinggi di Sumatra dengan ketinggian 3.805 mdpl yang berada di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Gunung Kerinci Jambi merupakan gunung berapi yang masih aktif. Gunung Kerinci Jambi dikenal dengan keindahan pemandangan alamnya.

Menikmati liburan ke Gunung Kerinci dari Jakarta dapat ditempuh melalui transportasi udara dan darat. Transportasi darat dapat ditempuh dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh melalui Bangko. Namun untuk menghemat waktu dan mengatasi tubuh yang kelelahan.

Perjalanan dapat ditempuh melalui transportasi udara dengan pesawat terbang yang mendarat di Kota Jambi atau Kota Padang. Penerbangan dari Jakarta menuju Jambi juga dilayani oleh beberapa maskapai. Meskipun perjalanan liburan ke Gunung Kerinci dari Jakarta cukup melelahkan, semua akan terganti.

Perjalanan ke Gunung Kerinci dari Jakarta memakan waktu yang cukup panjang. Turun dari Bandara Sultan Thaha, anda harus melanjutkan perjalanan menuju Sungai Penuh. Dari Sungai Penuh anda menyambung perjalanan menggunakan angkutan kota menuju Tugu Macan.

Di sana anda akan menemukan transportasi angkutan umum. Rute perjalanan menuju Gunung Kerinci membutuhkan perjuangan yang menguras tenaga. Namun sepertinya bagi mereka yang memiliki jiwa berpetualang tidak akan segan untuk menikmatinya. Hanya ada dua pilihan selama dalam perjalanan. Pertama, anda dapat menghemat waktu dan tenaga dengan cara menumpang angkutan mobil sayur. Kedua, berjalan kaki dengan waktu tempuhnya sekitar 30-60 menit.

Liburan ke Gunung Kerinci dari Jakarta merupakan pengalaman yang cukup mengesankan dan sulit  dilupakan. Jika anda memiliki fisik lemah dalam bepergian seperti mudah mual dan sakit kepala, anda bisa menunda perjalanan dengan menginap di salah satu penginapan yang terdapat di Desa Kersik Tuo.

Udara di sana terasa sangat dingin banyak homestay dan hotel. Anda bisa memesan penginapan melalui aplikasi daring. Pendaki gunung harus mempersiapkan fisiknya karena gunung memiliki pendakian yang cukup ekstrem. Perhatikan kesehatan tubuh anda sebelum mendaki gunung dengan melalui latihan fisik. Pendaki harus mempersiapkan tenda, bekal, dan logistik yang cukup untuk persediaan selama proses mendaki berlangsung.

Empat hal yang wajib anda waspadai selama liburan ke Gunung Kerinci dari Jakarta. Mungkin di Jakarta anda tidak akan menemukan pengalaman bertemu muka langsung dengan alam. Tidak akan mendengarkan suara kivauan burung di pepohonan tinggi menjulang. Anda juga tidak akan menemukan pengalaman berjalan di tanah dan rumput.

Karena di Jakarta kehidupan didominasi gedung bertingkat dan gedung pencakar langit. Tidak ada pepohonan yang rindang dan hamparan kebun teh yang hijau enak dipandang mata. Gunung kerinci memang primadona tetapi alamnya menyimpan banyak rahasia. Cukup mendebarkan saat anda harus melewati jalur ekstrem yang terjal.

Perkebunan Teh Kayu Aro

Di sini anda harus lebih meningkatkan kewaspadaan agar tidak mudah jatuh dan terperosok. Karena masih dalam kategori gunung api aktif anda juga harus hati-hati dengan abu vulkanik yang muncul. Berada cukup dekat dengan pegunungan Bukit Barisan, gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau Sumatra dan badak Sumatera.

Perubahan cuaca yang tidak menentu dalam sewaktu-waktu membuat anda harus benar-benar siap dengan keadaan tersebut. Liburan ke pantai mungkin lebih menyenangkan tetapi tidak ada salahnya sesekali menyapa gunung. Bercengkrama dengan alam melalui suara-suara dan bebunyian yang khas. Liburan ke Jambi dari Jakarta tidak terlalu jauh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *