fbpx

Perkebunan Teh Kayu Aro, Sejarah dan Pesona Keindahannya

Siapa yang belum mengenal Perkebunan Teh Kayu Aro? Perkebunan ini merupakan kebun teh tertua yang ada di Indonesia. Lokasinya sendiri berada di Jambi tepatnya di Kabupaten Kerinci. Kebun teh ini sudah memproduksi teh hitam yang sekaligus menjadi salah satu teh terbaik yang ada di dunia.

Tak hanya itu, kebun teh ini juga menjadi destinasi wisata dengan pesona keindahan yang wajib Anda ketahui.

Sejarah Perkebunan Teh Kayu Aro

Perkebunan ini dibangun oleh pemerintahan Belanda di tahun 1925 sampai 1928 sekaligus dengan pabriknya. Kebun ini dahulunya merupakan lahan yang berupa hutan kemudian diubah menjadi perkebunan yang pada saat itu ditanami kopi.

Akibat penanaman kopi yang kurang maksimal dan memuaskan, maka perkebunan pun diubah dengan penanaman teh oleh pihak Belanda. Perkebunan teh yang satu ini ternyata memiliki sepenggal kisah yang memilukan. Pada saat itu, ada banyak pekerja yang berasal dari Jawa didatangkan oleh pihak Belanda untuk melakukan pembukaan lahan hutan.

Perkebunan Teh Kayu Aro

Pekerja tersebut dipekerjakan secara paksa sekaligus menjadi korban kekejaman pihak Belanda. Itulah sebabnya, ada banyak keturunan orang Jawa yang sampai saat ini masih mendiami Kerinci.

Setelah Indonesia terbebas dari penjajahan, maka perkebunan ini mengalami perubahan status hingga berkali-kali. Hingga akhirnya pada tahun 1974 PT. Perkebunan VIII resmi menaungi perkebunan tersebut. Sayangnya, pada tahun 1996 PT ini diisolasi oleh berbagai perusahaan di Jambi dan Sumatera Barat. Hingga akhirnya berubah namanya menjadi PT. Perkebunan Nusantara VI.

Dua tahun telah berlalu, perkebunan ini kembali dibuka secara resmi sekaligus sebagai destinasi wisata. Ada banyak pengunjung yang menaruh minat pada perkebunan ini. Tak hanya bisa mendapatkan udara sejuk dan hamparan kebun teh yang luas, Anda juga bisa berkunjung ke pabriknya secara langsung.

Pesona Keindahan Perkebunan Teh Kayu Aro

Perkebunan teh ini mempunyai luas hingga 3.020 hektar. Dengan luasnya perkebunan tersebut membuatnya tercatat sebagai kebun teh terbesar kedua yang ada di dunia. Tak hanya itu, perkebunan ini juga memiliki ketinggian hingga 1.600 meter di atas permukaan laut.

Sejak pembukaan perkebunan yang dilakukan oleh kolonial Belanda, membuatnya menjadi penghasil teh hitam terbaik yang ada di dunia. Teh orthodox yang satu ini memiliki rasa dan aroma yang sangat khas sekaligus menjadi ciri tersendiri dari teh tersebut.

Sejarah menceritakan juga bahwa Ratu Belanda serta Ratu Inggris sangat menyukai teh ini. Untuk proses produksi teh ini sendiri terbilang masih sangat unik dan tradisional. Dengan begitu proses yang dilakukan pun tidak jauh berbeda dengan pertama kali perkebunan ini berdiri.

Proses pengolahan teh ini sendiri setiap karyawannya tidak diperbolehkan menggunakan kosmetik. Hal ini dilakukan agar kualitas, rasa, serta aroma teh bisa tetap terjaga. Selain itu, teh ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh jika Anda mengkonsumsinya secara rutin. Adapun khasiat yang bisa Anda manfaatkan adalah meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati diabetes, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker dan tumor, serta masih banyak lagi.

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa kualitas dari teh hitam ini sendiri tidak bisa diragukan. Pasalnya setiap tahun, perkebunan ini dapat menghasilkan sampai 5.500 ton teh hitam orthodox. Hal ii membuatnya menjadi perkebunan teh nomor satu yang ada di dunia. Kebanyakan dari teh tersebut juga dijual ke negara-negara luar seperti Belanda, Rusia, Inggris, hingga Amerika.

Jika Anda berkunjung ke perkebunan tersebut, maka setiap wisatawan akan diajak untuk memetik daun teh. Anda pun bisa ditemani dan dipandu oleh para pekerja dalam memilih seperti apa daun teh yang bagus. Kemudian, setiap wisatawan juga bisa mengunjungi pabrik teh dan melihat bagaimana pembuatan teh secara langsung.

Pesona pemandangan yang ada pada perkebunan ini juga cukup mengesankan. Pasalnya, terdapat bentangan luas kebun teh dengan warna hijau yang menyegarkan. Tentu saja pemandangan ini sangat alami sehingga Anda akan betah berlama-lama di tempat tersebut. Terlebih lagi dengan udara yang masih sejuk dan suasana yang cukup tenang seolah Anda tidak ingin pergi dari tempat ini.

Perkebunan Teh Kayu Aro (4)

Apa Saja Fasilitas yang Bisa Anda Dapatkan?

Jika Anda berkunjung ke perkebunan ini maka Anda juga bisa menjumpai berbagai fasilitas wisata. Misalnya saja tempat parkir, mushola ataupun masjid, hingga kamar mandi untuk berbagai kebutuhan.

Anda juga bisa menemukan berbagai penjaja kuliner khas daerah tersebut dengan mudah. Jika perlu, Anda bisa menikmati secara langsung seperti apa teh hitam asal daerah ini dengan rasa dan aroma yang sangat khas.

Jika Anda berasal dari tempat yang jauh, pada Kecamatan Kayu Aro sendiri memiliki penginapan atau homestay dengan harga yang cukup murah. Anda bisa menyewanya dengan mudah pasalnya belum ada hotel atau penginapan lain yang ada di sekitar perkebunan.

Jadi, memang tak salah lagi jika Anda menjadikan Perkebunan teh ini menjadi salah satu destinasi menarik bersama keluarga atau teman-teman terdekat.

Rute Menuju Perkebunan Teh Kayu Aro

Berwisata ke perkebunan ini tentu akan menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan. Terdapat keindahan alam perkebunan yang menjadi daya tarik utamanya. Tak hanya itu, wisata ini juga sekaligus menjadi perkebunan teh terbaik yang ada di dunia. Anda pun bisa mendapatkan kualitas teh nomor satu pada perkebunan ini.

Untuk mengunjungi perkebunan ini berlokasi di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Lokasinya sendiri berada tepat di kaki Gunung Kerinci. Dari Kota Sungai Penuh sendiri dapat dicapai dengan jarak sekitar 43 km dengan waktu satu jam.

Untuk menuju perkebunan ini sendiri perjalanan yang cukup panjang perlu ditempuh oleh setiap wisatawan. Bagi Anda yang berangkat dari Kota Jambi maka Anda bisa menuju perkebunan teh dengan perjalanan mencapai 10 jam lamanya. Anda bisa menempuhnya menggunakan transportasi umum, mobil, ataupun motor. Meskipun lokasinya cukup jauh, namun saat tiba di sana di jamin Anda tidak akan menyesal saat melihat keindahan yang disuguhkan pada perkebunan teh tersebut.

Perkebunan Teh Kayu Aro (4)

Tips Berwisata ke Perkebunan Teh Kayu Aro

Apabila Anda berniat untuk berwisata ke perkebunan ini maka ada baiknya mengetahui tips berwisatanya. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, maka saat menuju kebun teh tersebut wajib berhati-hati. Pasalnya selain jalannya menanjak, jalan menuju perkebunan teh juga berkelok tajam.

Bagi Anda yang berwisata disana, jangan lupa juga untuk mengenakan baju hangat ataupun jaket. Hal ini tak lain karena udara yang ada di perkebunan tersebut cukup dingin. Kemudian jika Anda ingin mencoba untuk memetik teh, maka Anda bisa langsung menanyakannya pada para pekerja yang bekerja di kebun tersebut.

Dalam berkunjung ke perkebunan ini, Anda juga wajib menjaga kebersihan dan usahakan untuk membuang sampah di tempatnya, jangan di area perkebunan. Sebagai informasi, Anda juga jangan merusak pohon-pohon yang ada di perkebunan tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *