fbpx

20 Tempat Wisata Terpopuler di Kerinci

Siapa yang belum mengenal wisata Kerinci? Tempat wisata di Kerinci merupakan salah satu destinasi paling populer di Jambi yang wajib untuk Anda kunjungi.

Ada banyak orang yang rela berdatangan ke sana hanya untuk menikmati berbagai wisatanya yang menarik. Ingin tahu apa saja daftar wisata tersebut? Yuk ketahui selengkapnya berikut!

Tempat Wisata di Kerinci yang Perlu Anda Singgahi

Kembali pada tempat wisata di Kerinci, ada banyak sekali tempat-tempat wisata yang sayang untuk Anda lewatkan jika berkunjung ke sana.

Selain menarik, tempat wisata di Kerinci juga sangat alami. Untuk itu ketahui daftarnya di bawah ini:

Wisata Gunung Kerinci

Tempat wisata di Kerinci yang satu ini merupakan daftar wisata pertama yang wajib Anda kunjungi. Di sana Anda akan mendapatkan sensasi keindahan gunung yang masih alami. Anda juga bisa mendaki gunung jika memiliki hobi berpetualang.

Saat memilih pendakian di Gunung Kerinci maka sangat perlu untuk mempersiapkan segala hal dengan baik. Pasalnya medan yang akan di tempuh cukup berat tentu akan menguji seberapa kesiapan Anda.

Pinus Kerinci

Merupakan kawasan pepohonan pinus yang berada di Desa Sanggaran Agung Kecamatan Danau Kerinci. Saat mengunjunginya tentu Anda sangat puas, pasalya terdapat banyak spot yang menarik untuk digunakan spot foto.

Tempat Wisata Danau yang Ada di Kerinci

Dari kedua tempat wisata di Kerinci masih banyak pula wisata lain yang bisa Anda singgahi seperti berbagai danau yang ada di sana. Diantaranya:

Danau Gunung Tujuh

Tempat wisata di Kerinci selanjutnya adalah Danau Gunung Tujuh. Danau ini memiliki keindahan yang luar biasa. Berlokasi di Desa Pelompek, Kec. Ayu Aro, Kab. Kerinci, Kota Jambi.

Danau ini sendiri diberi nama Danau Gunung Tujuh karena dikelilingi oleh tujuh puncak gunung yang ada disekitarnya.

Danau Duo

Wisata di Kerinci yang tak kalah penting untuk disinggahi adalah Danau Duo. Pasalnya terdapat keunikan tersendiri yang bisa Anda nikmati selain pemandangan alam yang cukup menawan. Yakni sebuah tanjung yang kemunculannya hanya pada saat mengalami surut. Saat itulah digunakan sebagai tempat untuk bercamping.

Tak hanya itu, bagi Anda yang memiliki hobi berpetualang maka pesona alam yang asri sangat cocok untuk Anda nikmati.

Danau Kaco

Kaco merupakan arti dari kaca. Mengapa diberi nama demikian? Pasalnya di danau in memiliki kondisi air yang  masih bening seperti kaca dengan warna agak kebiruan. Danau Kaco sendiri berada di ketinggian 1.289 meter di atas permukaan laut.

Danau Kaco sendiri memiliki ukuran 30×30 meter. Jika Anda memilih untuk mengunjungi wisata yang satu ini maka bersiaplah untuk menikmati keindahan danau bening dan biru yang sangat mempesona dan memanjakan mata. Terdapat pula ikan semah yang berkeliling mengelilingi danau dengan jumlah yang mencapai ribuan.

Lantas berapakah kedalaman yang ada di Danau Kaco ini? Untuk kedalamannya sendiri sampai saat ini masih menjadi misteri. Sebab setiap kali peneliti ingin mengukur kedalamannya selalu gagal karena cadangan oksigen yang melulu habis.

Sampai saat ini pun tidak ada yang tahu dengan pasti berapa kedalaman dari Danau Kaco ini.

Danau Kerinci

Selain Danau Kaco, terdapat pula wisata Danau Kerinci yang tidak kalah wajib untuk disinggahi. Danau ini berlokasi di kaki Gunung Raja, Kec. Danau Kerinci. Ada banyak wisatwan yang mengunjungi danau yang memiliki luas 4200 Ha dan kedalaman 110 M ini.

Danau Kerinci juga memiliki ketinggian mencapai 783 m dpl dengan diameter sejauh 70 km. Jika dilihat dari ukurannya tersebut maka danau ini  merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba.

Saat berada di sana Anda akan disambut dengan pemandangan indah. Tak hanya itu terdapat pula perahu-perahu yang berjajar milik masyarakat setempat. Pasalnya lokasi danau  tersebut sudah menjadi mata pencaharian bagi masyarakat Kerinci untuk memenuhi kebutuhan air minum mereka.

Yang tak kalah asyik saat berkunjung ke Danau Kerinci adalah Anda bisa membawa pancing dan mulai memancing di danau tersebut. Tak hanya itu, di sana Anda juga bisa berkemah dan berenang bersama keluarga.

Danau Lingkat

Danau ini merupakan danau yang masih alami dengan lokasinya berada di pinggiran hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. Tepatnya cukup dekat dengan Desa Lempur Mudik. Danau ini sendiri memiliki luas 12 ha dengan ketinggian mencapai 1.100 m dpl.

Lalu apa yang menarik pada Danau Lingkat? Disana Anda masih bisa menikmati kicauan suara binatang seperti Siamang dan lain sebagainya saat hari masih pagi. Kemudian Anda juga bisa berjelajah menggunakan rakit dan menengok dari permukaan air aneka batu belang berwarna-warni di dasar danau.

Danau Lingkat sendiri memiliki warna yang cukup hijau. Terdapat pula kumpulan pohon yang berjajar dengan tumbuhan kantong semar. Tak heran jika hari libur danau ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Tempat Wisata di Air Terjun di Kerinci

Selain wisata danau terdapat pula wisata air terjun yang bisa Anda singgahi seperti:

Air Terjun Talang Kemulun

Merupakan salah satu tempat wisata di Kerinci yang berlokasi di daerah Tanaman Nasional Kerinci Seblat. Air terjun ini wajib untuk Anda kunjungi pasalnya memiliki keindahan yang masih terjaga kealamiannya.

Selain itu karena letaknya yang masih identik dengan semak belukar dan hutan yang cukup lebat maka tak heran jika kawasan ini  belum cukup terkenal dibanding yang lainnya. Namun Anda wajib menyinggahinya pasalnya terdapat 12 tingkatan air terjun yang sangat menarik.

Air Terjun Telun Berasap

Air terjun ini berlokasi cukup dekat dengan Gunung Kerinci. Dengan begitu para pendaki pun bisa mampir untuk sekedar menikmati keindahan dari air terjun yang satu ini. Lokasinya pun masih berada di sekitar kawasan Tanaman Nasional Kerinci Seblat dengan aliran air yang berhulu di Danau Gunung Tujuh.

Lantas mengapa air terjun ini dinamai dengan Telun Berasap? Pasalnya jika dilihat sekilas maka akan memiliki bentuk seperti asap. Dengan derasnya debit air tentu Anda wajib untuk menikmati keindahan air terjun yang satu ini.

Air Terjun Pancuran Rayo

Merupakan air terjun yang tak kalah indahnya dengan air terjun lain yang ada di Kerici. Lokasi air terjun ini pun masih terbilang tersembunyi karena berada di dalam hutan belantara. Jadi, tak heran jika belum banyak wisatawan yang mengetahuinya.

Jika Anda melakukan kunjungan ke Desa Koto Tuo maka pintu masuk air terjun ini berada di kanan jalan dengan jarah tempuh sekitar 15 hingga 20  menit. Kemudian jika Anda sudah melewati gang jalan kecil maka terdapat papan yang bertuliskan “Lorong Air Terjun”

Jika Anda berkunjung menggunakan kendaraan maka dikenai biaya titipan sebesar Rp.5.000 saja. Kemudian berjalan sedikit  agar bisa menuju lokasi air terjun tersebut.

Tempat Wisata Lainnya di Kerinci

Selain wisata air terjun di Kerinci, terdapat pula wisata lainnya yang bisa Anda pilih seperti:

Air Panas Semurup

Air panas ini merupakan salah satu hal yang unik. Pasalnya daerah Kerinci memiliki udara yang sangat khas dengan dinginnya. Dengan adanya titik air panas Semurup maka menjadikan lokasi ini juga memiliki wisata yang berbeda dari yang lainnya.

Air Panas Semurup sendiri tercipta akibat adanya aktivitas vulkanik yang berada di di Desa Baru, Kec. Air Hangat. Jadi jangan lupa untuk mengunjungi wisata ini.

Jika ingin menginap pun Anda bisa menyewa hotel dengan biaya per malamnya sekitar Rp.100.000 saja untuk fasilitas biasa. Kemudian untuk fasilitas yang lebih bagus Anda bisa menyewa dengan harga yang berkisar dari Rp.220.000/ malamnya.

Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua air panas bisa digunakan untuk mandi. Pasalnya ada beberapa lokasi air panas yang suhunya sangat ekstrim yakni berkisar antara 85 derajat yang sangat membahayakan jika digunakan untuk beraktivitas.

Masjid Agung Podok Tinggi

Ingin berwisata di Kerinci dengan suasana yang lebih religi? Anda bisa memilih Masjid Agung Pondok Tinggi ini. Masjid ini berlokasi di Kota Sungai Penuh dengan arsitektur bangunan masjid yang cukup indah. Tak hanya indah, keberadaan masjid ini juga cukup bersejarah.

Masjid Agung Pondok Tinggi adalah salah satu peninggalan masjid kuno yang ada di Kerinci dengan konsep arsitektur yang sangat khas dengan nusantara. Yakni memiliki konstruksi yang terbuat dari kayu dengan atap tumpang

Jika Anda penasaran bagaimana kondisi dan kekokohannya maka jangan lupa untuk menjadikan masjid ini pilihan yang masuk ke daftar kunjungan.

Kawasan Wisata Aroma Peko

Kawasan ini bisa Anda temukan di area Perkebunan Teh Kayu Aro. Adapun bentuk danau ini tidak cukup besar namun tetap memiliki pemandangan yang indah untuk dinikmati wisatawan. Karena letaknya yang cukup dekat dengan perkebunan teh maka Anda bisa menikmati keindahan danau dengan keindahan kebun teh secara bersamaan.

Goa Kasah

Wisata yang tak kalah menarik selanjutnya di Kerinci adalah Goa Kasah. Di sana terdapat pula habitat kelelawar dengan berbagai jenis. Dengan ketinggian 1.400 m dpl anda bisa menikmati goa ini dengan ukuran15m X 8m dan tinggi 15 m.

Adapun beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah camping, photo hunting, hingga pengamatan satwa. Untuk mencapai lokasi ini sendiri Anda memerlukan perjalanan sekitar 2 hingga 3 jam dari daerah pinggir Rawa Bento.

Perkebunan Teh Kayu Aro

Merupakan salah satu tempat wisata yang terluas di Indonesia. Ialah kebun teh Kayu Aro yang berlokasi di selatan kaki Gunung Kerinci. Wisata ini pun sudah dibuka sejak tahun1925 M. Bagi Anda yang menyukai keindahan alam yang sejuk maka spot wisata ini jangan pernah dilewatkan.

Taman Nasional Kerici Seblat

Tempat wisata di Kerinci ini adalah Taman Nasional paling besar yang ada di Sumatera. Dengan banyaknya jumlah dan jenis flora dan fauna membuat taman yang satu ini tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi.

Terdapat paling tidak 4 ribu spesies tumbuhan dengan salah satunya bunga terbesar yang ada di dunia yakni Raflesia Arnoldi dan bunga tertinggi yakni Titan Arum.

Tak hanya itu terdapat pula berbagai jenis fauna seperti beruang madu, tapir Melayu, badak Sumatera, gajah Sumatera, harimau Sumatera, dan beberapa spesies burung yang mencapai jumlah sekitar 370 ekor.

Bukit Khayangan

Merupakan salah satu tempat wisata di Kerinci yang memiliki julukan “Negeri di atas Awan”. Tak hanya itu keindahan yang ada di bukit ini adalah rangkaian bukit barisan yang mengelilingi wilayah Kerinci.

Tentu Anda kan terpesona saat melihatnya. Untuk itu jadikan wisata ini sebagai pilihan saat berlibur ke Kerinci.

Bukit Khayangan sendiri berada di Desa Renah Kayu Embun, tepatnya dekat dengan Desa Sei Penuh. Adapun ketinggiannya mencapai1.500 m dpl dan bisa ditempuh perjalanan sekitar satu setengah jam saja dari Desa Sei Penuh.

Puncak Rindu Kayu Aro

Berlokasi di daerah Kebun Teh Kayu Aro Anda bisa menikmati keindahan puncak dengan santai dan rileks. Terdapat hamparan pohon teh dengan udara bersih yang memanjakan mata dan menenangkan jiwa.

Taman Bukit Tengah

Merupakan salah satu wisata di Kerinci yang memiliki pemandangan cukup menakjubkan. Di sana Anda bisa melihat Kota Sulak Gedang dari kejauhan yang dibawahnya dikelilingi persawahan dan perbukitan.

Jika menengok ke arah selatan maka terlihat Kota Sungai Penuh dan arah lainnya Danau Kerinci yang sangat elok jika dilihat dari kejauhan.

Jika ingin mengunjungi bukit ini maka Anda bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil dengan lokasi tujuan Mukai Tinggi, Siulak, Kab. Kerinci, Kota Jambi.

Perkebunan Kayu Manis

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam hijau yang sejuk dan indah, maka perkebunan kayu manis ini bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya Kerinci merupakan penghasil kayu manis yang hasilnya telah diekspor ke beberapa negara yang ada di dunia lho.

Bahkan sudah sejak zaman Belanda lah masyarakat yang ada di Kerinci sudah menanam kayu manis di lokasi ini. Jika Anda ingin melihat tanaman rempah lainnya maka bisa juga berkunjung ke Bukit Talang Kemuning yang juga terdapat perkebunan tanaman kayu manis.

Ternyata cukup banyak tempat wisata yang bisa dipilih saat berkunjung ke Kabupaten Kerinci. Jadi tempat wisata yang manakah yang akan masuk ke dalam daftar kunjungan Anda? Untuk mengunjunginya pun tak cukup hanya satu hari. Maka dari itu ada baiknya Anda dan keluarga mencoba untuk menginap di sana dengan memilih beberapa hotel yang ada.

Tak perlu menginap di hotel berbintang, hotel dengan fasilitas yang cukup baik pun bisa dijadikan pilihan. Setelah menginap maka keesokan harinya pun Anda bisa menikmati berbagai wisata lagi yang belum sempat dikunjungi.

Mengapa Perlu Berkunjung ke Kabupaten Kerinci

Perlu Anda ketahui bahwa Kerinci memiliki julukan “sekepal tanah dari surga”. Tak heran jika hal ini disematkan pasalnya terdapat banyak keindahan alam yang ada di sana. Tak hanya itu saja bahkan di Kerinci juga kerap digunakan sebagai lokasi syuting film di Televisi.

Selain tempat wisatanya yang menarik untuk dikunjungi, Kerinci juga memiliki budaya yang sangat beragam. Diantaranya seperti tarian tradisional yang bernama Ngayun Luci, Asyeik Naik Mahligai, Sike Rebana, Rangguk, Iyo-iyo, dan Mandi Taman.

Saat berkunjung ke lokasinya pun Anda memerlukan seorang pemandu yang benar-benar mengerti akan bahasa daerahnya. Pasalnya setiap desa yang ada di sana memiliki bahasa yang berbeda-beda satu sama lain. Namun jangan khawatir karena masyarakat di sana cukup bisa berbahasa Indonesia.

2 thoughts on “20 Tempat Wisata Terpopuler di Kerinci”

  1. Pingback: Tergila-gila dengan Pesona Bukit Kayangan Kerinci | Kerincismarttourism.com

  2. Pingback: Tempat Wisata Terbaik yang Ada di Sungai Penuh Kerinci | Kerincismarttourism.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *